Photo: ilmu-investasi.com

TABLOIDSOPHIA.com – Memilih bentuk investasi memang tak mudah. Memutuskan memilih investasi ternyata tidak mudah, butuh saran baik dari keluarga, teman bahkan penasihat finansial profesional. Berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda membuat keputusan memilih investasi yang sesuai.

Tentukan tujuan
Ini adalah hal dasar yang harus Anda putuskan di awal. Rumuskan dan putuskan tujuan berinvestasi Anda di awal. Karena, tujuan Anda akan menentukan langkah Anda selanjutnya. Apakah investasi Anda untuk menjaga nilai uang? Memperoleh pendapatan pasif? Membeli properti? Atau, mempersiapkan dana untuk pendidikan si kecil?

Tentukan jangka waktunya
Setelah Anda selesai menentukan tujuan berinvestasi, langkah selanjutnya memilih jangka waktu dari investasi tersebut. Ada dua jenis investasi jika dilihat dari waktunya, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Perhatikan dan pelajari dengan seksama mana yang sesuai dengan tujuan yang telah Anda buat.

Perhatikan risikonya
Selain menentukan tujuan dan jangka waktu investasi, saatnya memerhatikan risiko. Karena, setiap investasi pasti memilikinya. Baik itu ringan atau pun berat. Pelajari produk asuransi tersebut dan sebaiknya konsultasikan pada ahlinya agar Anda tahu dan siap menghadapi kemungkinan yang terburuk.

Terapkan variasi
Setelah Anda menyatakan ikut berinvestasi, mengenal investasinya, dan tahu apa risikonya, Anda bisa mengambil kesempatan untuk mengembangkan investasi dengan cara melakukan variasi investasi. Tetapi harus diingat, risiko yang Anda akan terima juga semakin besar.

Salah satu cara berinvestasi yang variatif, Anda dapat menyeimbangkan risiko antara yang rendah dengan tinggi. Sehingga, jika hal buruk terjadi di salah satu aset, Anda masih punya cadangan investasi yang lain. Hal tersebut akan membantu memperlancar pengembalian sambil tetap meraih pertumbuhan investasi.
Kiat memilih investasi di atas dapat menjadi pengetahuan awal yang berguna. Namun, jika ingin menambah informasi dan memilih investasi yang lebih tepat, sangat disarankan jika Anda dapat berbicara langsung dengan ahlinya.
Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY