Tengah memakai kemeja biru, Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto saat photo bersama para pelukis usai membuka acara Pameran Sketsa dan Drawing di Museum RA. Kartini.

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto (11/02/2017) membuka acara pameran sketsa dan drawing yang diselengggarakan oleh Sanggar Pesisir Rembang dengan judul OrakOrek#1. Dalam kesempatan tersebut, Bayu menjelaskan bahwa dirinya juga penikmat seni lukis. Saya penikmat lukis, di ruang kerja saya ada beberapa lukisan wisata kota Rembang, antara lain lukisan Pantai Karang Jahe, Jembatan Merah, dan Perahu Kuno. “Tuturnya”.

Bayu berharap,  kegiatan seni dan budaya semacam ini mampu membawa Rembang semakin berkarakter,  mandiri, dan menuju ke sebuah kota yang berkebudayan tinggi, sekaligus ikut menunjang lajunya pariwisata kota rembang,  tentunya perekomian juga.

Menurut Bayu, seni itu memiliki arti luas, seni itu bebas, bebas berkreasi, bebas berimajinasi, bebas tanpa batas, dan tentunya seni itu indah. Makanya saya malam ini pakai baju bebas.

Diakhir sambutannya, Bayu membacakan penggalan puisi karya Pramoedya Ananta Mastoer sebagai kado ulang tahun Pram yang jatuh pada tanggal 6 Februari. Sekarang tanggal 11 Februari, berarti sudah telat 5 hari ulang tahunnya Pram, nggak apa kado saya telat.

Acara yang bertempat di area Museum RA. Kartini itu berlangsung mulai pukul 8 malam. Pada pembukaan acara tersebut menampilakn pertunjukan Wayang dengan Dalang Sutejo asal Rembang dan pembacaan puisi oleh pengarangnya sendiri, yaitu Galih Pandu Adi asal Lasem dengan judul puisinya “menggelar batik Lasem mencanting tanah air”.

Menurut Abdul Chamim yang mewakili panitia penyelenggara kegiatan. Judul OrakOrek#1 itu memiliki arti coretan atau goresan melukis. Ia berharap kegiatan yang berlangsung tanggal 11-14 Februari ini membawa manfaat dan sumber inspirasi seni lukis khususnya untuk kemajuan di Kota Rembang dan pada umumnya di Indonesia. (Muhammad Widad).

LEAVE A REPLY