Alun Alun Kabupaten Rembang. Photo: kopilate.com

Rembang Madani dapat diartikan sebagai totalitas cipta, rasa dan karsa yang dilakukankan oleh semua pihak (stakeholder) sebagai individu yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya untuk mewujudkan cita-cita bersama. Kata madani sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya civil atau civilized (beradab). Istilah Rembang Madani adalah terjemahan dari civil atau civilized Rembang, yang berarti Rembang sebagai Kabupaten yang berperadaban. Madani juga memiliki akronim maju, aman, damai, amanah, nyaman dan iman.

Relevansi tema “memujudkan masyarakat yang berbudaya dan berdaya saing menuju Rembang madani” dalam peringatan hari jadi Rembang ke-276, Rembang madani memiliki makna sebagai proses penciptaan peradaban yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama. Dasar utama dari Rembang madani adalah persatuan dan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup, menghindarkan diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dan hidup dalam suatu persaudaraan.

Rembang Madani pada prinsipnya memiliki multimakna, yaitu Rembang yang demokratis, menjunjung tinggi etika dan moralitas, transparan, toleransi, berpotensi, aspiratif, bermotivasi, berpartisipasi, konsisten memiliki bandingan, mampu berkoordinasi, sederhana, sinkron, integral, mengakui, emansipasi, dan hak asasi, namun yang paling dominan adalah Rembang yang demokratis.

Istilah madani selain mengacu pada konsep civil atau civilized, juga berdasarkan pada konsep negara-kota Madinah yang dibangun Nabi Muhammad SAW pada tahun 622M. Madani juga mengacu pada konsep tamadhun (masyarakat yang beradaban) yang diperkenalkan oleh Ibn Khaldun, dan konsep Al Madinah al Fadhilah (Madinah sebagai Negara Utama) yang diungkapkan oleh filsuf Al-Farabi pada abad pertengahan.

Pilar penegak Rembang madani adalah institusi-institusi yang menjadi bagian dari sosial kontrol yang berfungsi memperjuangkan aspirasi masyarakat. Pilar-pilar tersebut antara lain:

Lembaga Swadaya Masyarakat
Lembaga Swadaya Masyarakat adalah institusi sosial yang dibentuk oleh swadaya masyarakat yang tugas utamanya adalah membantu dan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat. LSM dalam konteks Rembang madani bertugas mengadakan pemberdayaan kepada masyarakat mengenai hal-hal yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengadakan pelatihan dan sosialisasi program-program pembangunan masyarakat.

Pers
Pers adalah institusi yang berfungsi untuk menjadi bagian dari sosial kontrol yang dapat menganalisa serta mempublikasikan berbagai kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan warganya. Selain itu, pers juga diharuskan menyajikan berita secara objektif dan transparan.

Supremasi Hukum
Setiap warga negara, baik yang duduk di pemerintahan atau sebagai rakyat harus tunduk kepada aturan atau hukum. Sehingga dapat mewujudkan hak dan kebebasan antar warga negara dan antar warga negara dengan pemerintah melalui cara damai dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Supremasi hukum juga memberikan jaminan dan perlindungan terhadap segala bentuk penindasan individu dan kelompok yang melanggar norma-norma hukum dan segala bentuk penindasan hak asasi manusia.

Perguruan Tinggi
Perguruan Tinggi merupakan tempat para aktivis kampus (dosen dan mahasiswa) yang menjadi bagian kekuatan sosial dan masyarakat madani yang bergerak melalui jalur moral porce untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dan mengkritisi berbagai kebijakan-kebijakan pemerintah. Namun, setiap gerakan yang dilakukan itu harus berada pada jalur yang benar dan memposisikan diri pada real dan realitas yang betul-betul objektif serta menyuarakan kepentingan masyarakat. Sebagai bagian dari pilar penegak masyarakat madani, maka Perguruan Tinggi memiliki tugas utama mencari dan menciptakan ide-ide alternatif dan konstruktif untuk dapat menjawab problematika yang dihadapi oleh masyarakat.

Partai Politik
Partai Politik merupakan wahana bagi warga negara untuk dapat menyalurkan aspirasi politiknya. Partai politik menjadi sebuah tempat ekspresi politik warga negara sehingga partai politik menjadi prasyarat bagi tegaknya masyarakat madani.

Penulis / editor: Muhammad Widad
Referensi: wikipedia.org

LEAVE A REPLY