MENYAMBUT HAUL AGUNG SAYYID HAMZAH SYATHO AS-SAEDANI 23 MUHARRAM 1439 H

Penulis : Abu Haydar, Wali Santri Pesantren At-Taroqi, Sedan.

Haul Agung Sayyid Hamzah biasa diperingati tiap tahun dihadiri belasan ribu orang, dibanjiri ratusan pedagang yang meremo, di Kec.Sedan Kab.Rembang kota santri yang perekonomiannya menggeliat tumbuh berkembang mandiri, tidak ada pemodal asing yang mampu bersaing, mewajibkan anak-anaknya sekolah madrasah diniyyah, sehingga pantas mendapat julukan kota madin, terkenal sebagai sentra bordir dan krudung.

Adapun rangkaian kegiatan haul: Didahului di Masjid Jami’ Sedan pada 22 Muharram pada pagi hari Khotmil Qur’an bil Ghaib, malamnya Khotmil Qur’an bin Nadzar. Di masjid yang dibangun pertama kali 1301 H/1884 M, dilanjutkan pengembangan bangunan pada 1342 H/1923 M, 1391 H/ 1972 M, 1406 H/1986 M sampai sekarang. Barulah tanggal 23 Muharram di Maqbarah Sayyid Hamzah bakda Dzuhur diadakan Tahlil dan Pengajian Umum disampaikan Mbah Maimun Zubair Sarang. Tahun 1438 H ini bertepatan Senin 24 Oktober 2016 M.

Dalam kitab berbahasa Arab yang disusun oleh Syaikh Maimun Zubair Dahlan Sarang berjudul Manaqib Sayyid Hamzah bin Abdullah bin Umar Syatho Shahibul Haul Agung Kecamatan Sedan disebutkan Sayyid Hamzah dilahirkan di kota suci Makkah al Mukarromah tempat diturunkannya Al-Qur’an. Dan wafat di Sedan tahun 1384 H/ 1940 M. Dikutip dari Risalah Sayyid Haydar bin Hasan bin Shadaqah bin Zaini Dahlan. Sayyid Hamzah keponakan dari Assyaikh al Alim al Allamah al Arif billah Abi Bakar Sayyid Muhammad Syatho yang lebih masyhur dengan nama Sayyid Bakri muallif/pengarang kitab I’anatut Thalibin hasyiyah Fatkhul Mu’in, ulama Mujaddid abad 13. Jadi beliau termasuk dzurriyyah rasulullah. Beliau adalah penyebar agama Islam di daerah Sedan Rembang dan sekitarnya. Dari segi nasab beliau merupakan keturunan dari baginda Nabi Muhammad SAW. Marga habaib “syatho”, dari keluarga yang masyhur keilmuan dan nasabnya di Mesir. Tak ada yang kekal didunia ini, sekitar tahun 1940-an beliau meninggalkan kita, semoga syafaat, barokah, dan curahan ilmu beliau selalu mengalir menyirami dan mengiringi sanubari kita dan langkah-langkah hidup kita untuk menggapai ridho Allah SWT. Setelah sekian lama bertempat tinggal di Sedan, beliau berpulang ke Rahmatullah dan dimakamkan di desa Demang Sedan. Setiap tanggal 23 Muharrom ribuan masyarakat berduyun-duyun untuk memperingati wafat beliau.

Kurang lebih pada abad 18 M di Hijaz pada pemerintahan Syarif Husain terjadi kudeta/ makar/ bughat yang dipimpin oleh Ibnu Saud yang ingin menyebarkan faham Wahabiyah. Dampak negatifpun muncul setelah kemenangan tersebut, penolakan dan kebencian terhadap faham ahlussunnah waljama’ah pun timbul hingga melebarkan kebencian tersebut sampai pada para habaib khususnya habib yang bermukim di Makkah, Tarim Hadramaut Yaman, termasuk para habaib adalah beliau sayyid hamzah syatho. Kebencian mengarah pada habib dikarenakan pada masa itu habib adalah pimpinan faham ahlussunnah waljamaah(ASWAJA). Berawal dari kebencian yang mendalam tersebut abdullah bin sa’ud berkeinginan menyingkirkan dan membunuh seluruh habaib termasuk beliau sayyid hamzah syatho. Diawali dengan adanya pergolakan politik di tanah Arab, dimana kudeta terhadap pemerintahan Raja Syarif Husain oleh kelompok zionis yahudi dan baduwi Arab dibawah pimpinan Abdullah bin Saud yang diboncengi oleh negara kapitalis Amerika dan Inggris guna penyebaran faham wahabi dan penjajahan Barat.

Maka kedatangan beliau di Sedan demi menjaga dilestarikannya aqidah ahlussunnah waljamaah. Yaitu selepas Belajar di Makkah diantara gurunya Sayyid Utsman, untuk menghindali hal-hal tidak diinginkan maka Sayyid Hamzah hijrah ke Asia Timur terutama Indonesia. Sebelum ke Sedan beliau terlebih dahulu singgah di Bandung Jawa Barat, lalu ke Bogor dan di Bangil menikah, sampailah akhirnya berdakwah di Sedan. Beliau sampai di Indonesia pernah mukim di Jawa Barat (Bogor) bahkan di Malang sebelum akhirnya beliau di Sedan bersama RH Abdul Hamid (orang yang pertama kali dikenal syayyid hamzah). Di daerah Sedan beliau menempati rumah Mbah Masykur, rumah Mbah Munawwir sekarang, ditempati Kyai Aqib putranya. Mbah Munawwir adalah pendiri Madrasah Riyadatut Thalabah teman Prof DR KH Mukti Ali waktu nyantri di Tremas Pacitan selain Pesantren Al Hidayat Lasem bahkan pernah mengunjunginya di Sedan.

Sayyid Hamzah dikenal bagus akhlaknya kepada Allah dan ummat manusia. Ahli infaq dan shadaqah, sampai di akhir hidupnya hampir tidak punya apa-apa. Sayyid Hamzah berjasa lahir batin membangun puluhan masjid dan musholla sekaligus bersama-sama mendirikan shalat. Tersebar di berbagai desa, mendirikan pesantren sekaligus menyalurkan ilmunya yang barakah sampai sekarang. Bahkan sampai mendirikan 43 masjid adalah merupakan uswah kedermaawanan beliau, meliputi di Kab Rembang 24. Tuban 6, Lamongan 3, Blora 6, Bojonegoro 3, dan Madiun 1 masjid, belum lagi musholla.

Juga orang yang dermawan, mulai dari memberi uang/ manisan pada anak-anak (Syiban). Beliau adalah pemrakarsa utamanya berdirinya Madrasah Diniyyah Tuhfatussibyan Waru. Beliau berjuang bersama Mbah Zawawi sehingga mampu mengembangkan dan memajukan Madrasah Tuhfatussibyan.

Di Sedan Sayyid Hamzah juga dikenal sebagai sosok yang mengayomi seluruh lapisan masyarakat. Zuhud dan tawadhu’, menjauhi sifat ‘ujub (bangga) dan takabbur (sombong). Guru besar yang sangat lapang dada. Sayyid Hamzah Syatho adalah merupakan uswah pencermin yang patut di tiru. Sikap tawadlu’ selalu beliau terapkan dalam setiap gerak langkah beliau. Pribadi yang khumul, tidak mau menampakkan kehebatannya di depan manusia. Salah satu bentuk teladan beliau adalah setiap ada permasalah yang dipertanyakan kepada beliau, beliau selalu melemparkan masalah tersebut pada ulama’ Sedan untuk menjawabnya, walaupun beliau mampu menjawabnya karena tawadlu’nya beliau.

Beliau benar-benar ikhlas, berpegang teguh pada syariat dan selalu menerima sesuatu yang haq, Hal itu terlihat ketika beliau melakukan kesalahan dalam masalah syariat dan diingatkan simbah KH Syakur Swedang Sedan ayahanda KH Abdul Fadhol Senori Tuban ulama mushannif yang kitab karangannya tersebar dibaca sampai Afrika. Seketika itu juga dia menyadari dan berterimakasih kepada KH Syakur yang telah mengingatkannya. Sampai takzim dan hurmat guru itu beliau wujudkan saat KH Syakur berkunjung ke Sedan dan akan kembali ke Swedang beliau bersedia mengantar Mbah Syakur dengan berjalan kaki ke Swedang. Juga pernah terjadi beliau meniti gerobak dan Mbah Syakur naik diatas gerobag tersebut.

Kenyataannya Sayyid Hamzah Syatho adalah orang yang sangat alim dalam segala fan Tilawah al-Qur’an. Seorang Al-Hafidz. Alqur’an menjadi wirid keseharian beliau di setiap kesempatan dan dimana pun beliau berada. Seorang yang mudawamah zhikir al-Qur’an, sehingga seola-olah terpancarlah sinar dari wajah beliau, tak ada seorang pun yang mampu berpandang lama pada beliau. Beliau juga Ahli Nadzam Alfiyah Ibnu Malik.

Haul Sayyid Hamzah juga meliputi masyayikh Sedan lainnya yaitu antara lain :
MBAH ZAWAWI
Adalah salah satu putra dari Raden Yusuf Mangkudirjo yang masih merupakan cucu ke delapan dari Sunan Kadilangu (Sunan Kalijaga). Ibunya, Ny. Saroh binti Muhsin adalah cucu Mbah Saman bin Sriman dari Klampis, Madura, mantan prajurit Goa Selarong, pasukan inti Pangeran Diponegoro yang kemudian memilih berjuang di bidang pendidikan dan merintis berdirinya Pondok Pesantren Sarang, Rembang Jawa Tengah. Sementara istri beliau, Ny. Umamah bin Kyai Nur Khotib adalah keturunan ke-9 Sayid Abdurrahman Ba Syaiban alias Mbah Sambu, Lasem.
Di awal pendidikannya Mbah Zawawi diasuh langsung oleh pakdenya sendiri yakni KH Abdul Syakur, Swedang (kakak kandung Mbah Sarah ibunya Mbah Zawawi). Kerajinan dan ketekunan beliau dalam menuntut ilmu adalah cerminan utama yang patut dijadikan contoh. Konon dalam satu versi disebutkan demi mengaji kepada Mbah Syakur beliau harus pulang pergi Sidorejo-Swedang. Setelah mendapat pendidikan dari Mbah Syakur beliau mengaji kepada beberapa ulama’ yang diantaranya adalah Mbah Kholil Bangkalan Madura. Setelah dari Bangkalan, beliau mondok di Sarang yang pengasuhnya masih kerabat beliau, hingga Mbah Zawawi tercetak menjadi seorang ulama’ yang berwibawa dan disegani masyarakat.
Beliau juga memegang jabatan sebagai Syuri’ah NU. Dan pada hari Rabu tanggal 2 Jumadil Ula sekitar tahun 1970-an beliau menghadap kepada Sang Kholik dengan meninggalkan warisan ilmu yang tak ternilai, sehingga anak-anak kita pun sampai sekarang ikut mengenyamnya melalui Madrasah Tuhfatus Sibyan Waru.

KYAI ATHOILLAH ZAWAWI
Kyai Athoillah Zawawi lahir sekitar tahun 1918. beliau adalah putra KH. Zawawi adiknya KH. Jauhari (Kencong Jember). Beliau termasuk pewaris pendiri Madin Tuhfatussibyan Waru. Dalam pendidikanpun beliau tidak mau kalah yaitu dalam fan nahwu Alfiah ibnu malik, di Sedan beliau termasuk tersohor unggul. Beliau pernah menjabat syuriah NU, dalam bertindak memutuskan suatu perkara beliau bijaksana, alim, jujur dan lugu sehinggga Mbah Cholil Bisri selalu setuju atas segala sikapnya . Beliau wafat pada tahun 1993. Penerus pondoknya, salah satunya KH Muslihuddin, menantunya.
Mengingat terkait, menarik juga menyingkap sekilas manaqib KH. Jauhari Zawawi PP. As-sunniyyah Kencong. Beliau lahir di Waru, Sidorejo, Sedan, pada Jumat Wage tahun 1911. Di halaman rumah beliau dilahirkan, sampai sekarang masih berdiri kokoh madrasah diniyah yang dirintis Abahnya, KH. Zawawi bersama Syaikh Hamzah Syatha, Nadzam Alfiyah 1000 bait sudah mampu dihafalkan pada usia 11 tahun, beliau mengatakan bahwa ini bukan hal yang luar biasa.
Pencarian KH. Jauhari terhadap ilmu tidak hanya cukup di desanya saja, beliau melanjutkan mondok kepada KH. Abd. Syakur, Swedang, abah KH. Abul Fadlol, Senori yang masih saudara nenek beliau, Ny. Saroh. Di sana, beliau juga nyambi ngaji nduduk pada KH. Ma’ruf Pesantren Nahdlatus Syibyan Jatirogo, ipar Mbah Musthopo Lasem Shahibul Hirzul Jauzan.

Kurang lebih dua tahun di Kajen, KH. Jauhari pindah ke Sarang, ngaji kepada KH. Umar, KH. Syu’aib, KH. Imam, dan KH. Zubair yang kelak menjadi besan beliau (mertua KH. A. Sadid Jauhari). Keris sangkolan abahnya terpaksa dijual untuk bekal mondok. Bagaimanapun ilmu itu warisan para Nabi yang lebih berharga dibanding warisan apapun. Barangkali ini yang ada dalam pikiran beliau, ketika pusaka pemberian abahnya terpaksa dijual.
Puas menjelajah pesantren-pesantren di Pantura, KH. Jauhari melanjutkan pencariannya ke Tebu Ireng Jombang, berguru kepada Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari. Meski hanya berbekal nasi kerak dan pakaian compang-camping, beliau mantapkan niat untuk mengaji.

Setelah beberapa lama di Tebu Ireng, beliau diajak KH. M. Yasin ke Probolinggo. Di sini beliau mendirikan madrasah, dibantu oleh Kyai Nawawi, Pajarakan, hingga berkembang pesat. Tetapi, setelah kurang lebih dua tahun berada di sana, KH. Jauhari memanggil adiknya KH. Atho’illah, meneruskan perjuangannya di Probolinggo, untuk melanjutkan pengelanaan ke Tanah Suci. Di Kencong sebagai tempat iqamah permanen, KH. Jauhari memulai nasyrul ilmi Inilah cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren As-Sunniyyah.

Masa Jepang KH. Jauhari Zawawi sebagai muballigh, pemuda pendatang, pengelana dari Sedan, Rembang,. Penjara Kenpetai Jepang berada di pojok depan masjid (sekarang SD Muhammadiyah Kencong), dan kaki tangan Jepang banyak berkeliaran, tidak menggetarkan hati beliau, bersuara lantang bahwa membayar zakat untuk Jepang tidak sah. Satu tahun setelah NU didirikan, di Kencong berjalan pengajian-pengajian NU yang dimotori oleh Kyai. Zein. Pengurus NU Kencong mengadakan pengajian umum di Masjid Jami’ Kencong, mengingatkan masyarakat agar ikut menentang dan menolak peraturan itu.

Tahun 1946, tentara gabungan Belanda dari Probolinggo, Banyuwangi, Jember, Situbondo dan Bondowoso dengan persenjataan lengkap mengadakan serangan umum dari berbagai penjuru, menumpas para gerilyawan Kencong. Basis pertahanan tentara Hizbullah di Cakru dibumi hangus, memaksa rakyat dan para gerilyawan menyingkir ke daerah rawa-rawa, walau harus menempuh resiko serangan binatang buas. Akibat serangan ini, seluruh perlawanan rakyat lumpuh. KH. Jauhari yang termasuk target utama buronan Belanda harus bergerilya berpindah-pindah tempat.
Pada Rabu Kliwon, 11 Shafar 1415 H yang bertepatan dengan 20 Juli 1994, jam 05.10 Istiwa’ menjelang maghrib, KH. Jauhari Zawawi menghadap Allah SWT yang beliau rindukan. Keesokan harinya ribuan pelayat mengantarkan beliau menuju taman surga. Al-Maghfurlah meninggalkan empat orang putra dan seorang isteri serta Pondok Pesantren Assunniyyah, di tengah pusaran arus zaman yang semakin jauh dari nilai-nilai Islam.

SILSILAH SAYYID HAMZAH SYATHO SAMPAI RASULULLAH
Sayyid Hamzah Syatho bin Abdullah bin Umar bin Mahmud bin Ali bin Mahmud bin Abdullah bin Ibrahim bin Sulaiman bin Salim bin Jalaluddin bin Abdurrahman bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Mahmud bin Ahmad bin Ismail bin Ali bin Abi Bakri bin Muhammad bin Muharrir bin Ibnu Qasim bin Abdul Aziz bin Yusuf bin Abdul Rofi’ bin Abdul Hamid bin Sulton bin Muhammad bin Ahmad bin Shubhun bin Ahmad bin Muhammad bin Ismail bin Ja’far bin Hamzah bin Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Husain bin Harbi bin Muhammad bin Ja’far Shadiq bin Baqir bin Ali bin Husain bin Fathimah binti Rasulullah SAW.
Ila arwahi alfatihah……..
Demikian Haul Agung Sayid Hamzah, demikian juga Haul Akbar Mbah Sambu yang juga menyedot partisipasi masyarakat yang luas dalam dan luar kota ini sangat disayangkan luput, belum dimasukkan kalender event oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab.Rembang guna menunjang syiar/ promosi pariwisata sejarah.

Sumber : Pustaka Sambua

*Pesantren At-Taroqi pimpinan KH Minanurrahman, menantu KH Abdul Fadhol Senori.

LEAVE A REPLY