Indonesia sejatinya punya banyak kota dengan potensi ekonomi kreatif tinnggi..Menurut Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara, kota kreatif, ditandai dengan kemunculan komunitas kreatif. Ia mencontohkan, Kota Jember bukan kota pusaka, melainkan kota kreatif. Dibawah Kementerian Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (17/3/22016).
Sebaiknya, menurut Djuhara, pemerintah bukan hanya mengusahakan ekonomi kreatif, tapi membongkar paradigma internal pemerintahan supaya bertindak dan berpikir secara kreatif. IAI juga sempat mengajukan konsep ke Badan Ekonomi Kreatif tentang 20 kota kreatif Indonesia. “Ini perlu kajian juga, mungkin kita perlu menelaah mana yang paling realistis (untuk menjadi kota kreatif) dan rasanya memang tidak akan sama di setiap kota di Indonesia,” jelas Djuhara.
Ia juga mengatakan, kota-kota yang berpotensi menjadi kota kreatif antara lain yang berada di sepanjang utara Jawa. Sebagai kota yang memiliki potensi tersebut, banyak sekali pihak yang bisa masuk dan mengembangkan kota tersebut. Djuhara berharap, para arsitek terlibat di dalam pengembangan kotanya. (JAKARTA, KOMPAS.com)
Rembang salah satu kabupaten yang berada di pantura memiliki pantai terpanjang, memiliki potensi ekonomi kreatif dengan tingkat penilaian tinggi, memiliki :

Sentra Batik Tulis Lasem
Haul Sunan Bonang
Penjamasan bende becak
Lebaran Ketupat Taman Kartini
Museum Kartini
Kampung Rumah Joglo
Pantai Karang Jahe
Pantai Caruban
Pusat Wisata Agama Masjid Jami Lasem
Kampung Pecinan Lasem
Haul Sedan
Haul Mbah Sambu (Karnaval dan lomba hadroh)
Wisata Gunung Gowak (Out Bond)
Panorama Kajar
Pesantren Sarang
Makam Pendiri NU
Makam Adipati Lasem I
Vihara Lasem
Klenteng Lasem
Pestival Lasem
Haul Syaikh Masduqi
Haul Mbah Maksum
Haul Kyai Abdullah Umar
Pantai Binangun
Wisata Kuliner (lontong tuyuhan dll)
Wisata Sungai Babagan-Dasun
Pantai Kragan lokasi pendaratan Jepang 1942
dan Terasiring Sendangcoyo dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Penulis: Padepokan Sambua

LEAVE A REPLY