Asosisasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) bekerjasama dengan BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, 5/5/2018 mengadakan kegiatan Seminar Kemaritiman dengan tagline #MillenialsMaritime bertemakan “New Perspective of Youth: Pemuda sebagai Aktor Kemajuan Maritim Indonesia” yang berlangsung di Auditorium Mandiri IPB Kampus Dramaga dengan dihadiri lebih dari 500 mahasiswa dari berbagai universitas.

Seminar kemaritiman tersebut menghadirkan tokoh-tokoh pemuda Indonesia yang telah berkarya dan mengabdikan diri untuk maritim Indonesia. Diantaranya ada Dhini Sastroatmodjo yang merupakan aktivis perempuan APMI sekaligus bekerja sebagai tenaga ahli Komisi I DPRI RI yang menyampaikan tentang pandangannya mengenai geopolitik maritim dan juga kegiatan-kegiatan pengabdian yang telah ia lakukan. Pada sesi yang sama, Dwitya Harits Waskito yang akrab disapa Mas Tito, berbicara mengenai penerapan teknologi kemaritiman khususnya teknologi perkapalan. Laki-laki yang masih muda ini baru saja lulus dari Universitas Southhampton-Inggris tahun lalu dan langsung bergabung dengan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi Indonesia.

Pada sesi kedua, dilanjutkan oleh pembicara-pembicara muda yang bergerak dalam bidang sociopreneur. Turut hadir Khoirul Rohman (CEO melaut.id) yang memaparkan tentang usahanya untuk mensejahterakan nelayan melalui web yang telah ia kembangkan, serta Utari Octaviany (Managing Director dari Aruna Indonesia) yang telah sukses membangun platform untuk mempertemukan supplier dan buyer serta memberikan akses pasar yang terjamin untuk produk-produk perikanan dan hasil laut Indonesia. Selain itu, hadir pula Faiz Alhamdani Buntoro (CEO Mina Indonesia).

Prof. Dr. Joko Santoso selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan IPB, dalam sambutannya juga menegaskan pentingnya membangun semangat kemaritiman di kalangan pemuda, mengingat kondisi geografis Indonesia dengan luas laut lebih besar maka maritim merupakan sektor yang sangat vital terkait dengan peran kedaulatan NKRI dan juga aktivitas ekonomi dengan melihat kolaborasi berbagai sektor. Disinilah peran pemuda yang akan mengawal dan meneruskan serta membangun NKRI dengan semangat kemaritiman.

Di kesempatan lain, Prof Dr Joko Santoso juga menyampaikan pesan supaya kerjasama antara APMI dan BEM FPIK IPB dapat dijaga dan ditingkatkan lagi. “Acara ini sangat bagus sebagai media untuk berbagi dan sekaligus memotivasi rekan-rekan pemuda dengan menghadirkan sosok-sosok pemuda yang tanpa batas terlibat dalam membangun kemaritiman dalam arti luas”.

Menurut Ida Nurokhmah selaku Program Director dari Maritime Learning Center APMI, “kegiatan Seminar Kemaritiman ini sendiri bukan hanya kali pertama dilaksanakan oleh APMI, sebelumnya telah juga dilaksanakan di berbagai kampus di Indonesia termasuk di Jakarta dan Semarang. Ke depan, kegiatan serupa akan dilaksanakan di berbagai daerah untuk menyebarkan semangat kemaritiman.” Ujarnya. (Muhammad Widad)