makam kartini

Gambar : Patung Kartini di Makam Rembang

Pemerintah Kabupaten rencananya akan membangun patung RA. Kartini berukuran raksasa. Patung tersebut nantinya diproyeksikan menjadi icon kota Rembang.

Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto, SE disela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2016 di gedung DPRD Rembang, Kamis (7/4) mengungkapkan kepada rekan-rekan media mengatakan jika di Jepara ada Kura-kura raksasa, di Solo punya patung Jendral Sudirman, maka di Rembang ada patung Kartini yang bisa dijadikan Landmark. Patung tersebut menjadi salah satu langkah untuk penataan wajah kota.

Terkait rencana letak Patung raksasa pahlawan emansipasi wanita itu, Wabup menuturkan masih perlu ada pertimbangan lebih lanjut. Penempatan patung harus tepat sehingga bisa menjadi daya tarik.

Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora), Muntoha sangat mendukung ide patung Kartini raksasa itu. Sosok yang pantas dijadikan icon Rembang memang RA. Kartini.

Menurutnya letak patung Kartini bisa saja dibuat di perbatasan timur atau barat. Kalaupun di dalam kota alternatifnya di dekat kantor Bupati. Pembuatan patung Kartini akan dimasukan di rencana kerja tahun 2017.

Editor/sumber : Muhammad Widad / rembangkab.go.id