Pihak pengelola wisata pantai wates bersama unsur pemerintah Kabupaten Rembang yang diwakili oleh Wakil Bupati Bayu Andriyanto mengadakan photo hunting bersama tiga model cantik pada acara explore Pulau Gede Rembang, Sabtu (30/09/2017). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keindahan Pulau Gede Rembang.

Dalam acara tersebut digelar event lomba photo yang diikuti puluhan photografer yang berasal dari lokal dan luar daerah. Sasaran objek photo adalah tiga model cantik dan keindahan pulau gede.

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto saat berbincang dengan pihak pengelola wisata mengatakan bahwa dirinya berencana untuk mengembangkan Pulau Gede ini menjadi tempat wisata yang menarik dan menjadi salah satu unggulan wisata di Kabupaten Rembang.

“Bisa kita kasih penyu, fasilitas seperti meja kursi dan fasilitas lain yang diperlukan akan coba kita lakukan nanti. Tapi nanti ya, karena kami masih fokus pembangunan wisata di Lasem dulu. Setelah Lasem selesai nanti pantai wates yang memiliki pulau gede ini nanti akan kita garap”, ujarnya.

Pulau Gede merupakan sebuah pulau kecil di perairan Laut Jawa di utara Kabupaten Rembang. Pulau tidak berpenghuni yang terletak 2 mil ke arah timur pulau Marongan ini hanya berjarak tidak lebih dari 5 km dari bibir pantai di kota Rembang.

Keindahan alam Pulau Gede memang memukau. Hutan bakau dan bermacam-macam tanaman keras tumbuh liar dan asri di tengah indahnya lautan. Udara bersih dari polusi. Rumah dan gedung, tumpukan sampah, atau semua pemandangan tak sedap seperti di kota, tak ada di pulau itu. Daratan di tengah lautan yang luasnya sekitar sembilan hektare itu tak ada penghuninya, kecuali serangga dan burung.

Jika cuaca sedang cerah, dari pulau ini tampak jelas Gunung Muria di sebelah barat dan Gunung Lasem di arah timur. Dulu pulau ini hanya dikunjungi oleh orang yang ingin memancing, berkemah ataupun sekadar mencari uadara segar, namun ketika dikelola oleh pemerintah setempat, pulau gede kini menjadi tempat wisata yang ramai pengunjung.

Lokasi menuju pulau gede sanggat mudah ditemukan oleh pengunjung karena pintu masuknya berada di Desa Wates Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang ini di pinggir jalan pantura. Dari pantai wates inilah pengunjung yang akan wisata ke pulau gede berangkat menggunakan kapal yang biasanya digunakan nelayan setempat untuk mencari ikan.