Photo: Segenap pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Rembang saat menanam pohon mangrove di Pasar Banggi dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Ratusan kader partai Nasdem Kabupaten Rembang bersama masyarakat menanam pohon mangrove di pantai desa Pasar Banggi kecamatan Rembang, Sabtu (22/4/2017). Kegiatan bakti lingkungan itu dilaksanakan untuk memperingati hari Bumi.

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto yang juga sebagai Sekretaris DPD Nasdem Rembang, dalam pidatonya menjelaskan bahwa kegiatan menanam pohon ini merupakan bentuk peran serta partai Nasdem dalam rangka penyelamatan bumi. Sejalan dengan visi misi pemerintahan yang saya pimpin bersama Bupati, selain membangun insfrastruktur, pemerintah kabupaten Rembang juga membangun sektor pariwisata, salah satunya menjadikan pantai di Rembang sebagai wisata andalan yang ingin dikembangkan. Jadi dengan menanam pohon di pantai, selain untuk menjaga kelestarian alam, juga bisa untuk mengembangkan potensi wisata pantai.

Semoga penanaman mangrove ini bermanfaat, bisa mencegah atau mengurangi abrasi dan kedepan akan berkembang menjadi ekowisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. “Tuturnya”.

Dalam kesempatan tersebut Wabup berharap terciptanya suasana nyaman untuk berinvestasi di Rembang. Rembang membutuhkan banyak investor, jadi kenyamanan investasi ini harus kita jaga bersama. Contoh, Semen Indonesia, keberadaannya harus dibuat nyaman, karena keberadaan Semen Indonesia di Rembang manfaatnya luar biasa, CSRnya sangat bermanfaat.

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Nasdem Rembang, Atna Tukiman mengatakan kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka memperingati hari bumi. Pasalnya hari bumi dinilai sangat penting untuk menjaga kelestarian alam. Penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global, karena pohon menyerap emisi karbon penyebab terjadinya pemanasan global. Dengan banyaknya pohon akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika pohon yang ditanam sudah besar akan menciptakan keindahan tersendiri sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman, nampak hijau dan asri. Disinilah akan muncul potensi ekonomi yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat wisata dan tempat berjualan.