Nomor dua dari kanan Atna Tukiman dan Bayu Andriyanto saat berphoto bersama anggota KSP Bhina Raharja.

KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Bhina Raharja (04/03/2017) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2016 di Fave Hotel Rembang. Kegiatan RAT tersebut menjelaskan tentang laporan pertanggungjawaban pengurus maupun pengawas dalam satu tahun buku, mendesain Rencana Kerja atau Program Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPB-KOP) untuk tahun buku berikutnya yang harus mendapat persetujuan dari peserta RAT, dan bagi anggota adalah saat-saat pengharapan untuk memanen hasil dari ladang kesejahteraaan bernama deviden.

Dalam RAT tersebut, Atna Tukiman menyampaikan bahwa Koperasi yang dipimpinnya, Tahun 2016 melakukan banyak kegiatan di bidang sosial dan pendidikan. Dalam bidang sosial telah kita jalin kerjasama dengan PMI Rembang rutin setiap tiga bulan selalu mengadakan kegiatan donor darah untuk kemanusiaan. Kepada segenap karyawan dan anggota Bhina Raharja yang tiga bulan sekali menyumbangkan darahnya, kami sebagai pengurus mengucapkan banyak terimakasih.

Selain melakukan kegiatan donor darah, Bhina Raharja juga melakukan bantuan kepada anak yatim, terlebih anak yatim yang menjadi anggota keluarga besar Bhina Raharja. Tak hanya itu lanjut Atna, bahwa Koperasi miliknya juga sering memberikan bantuan terhadap korban bencana alam dan air bersih kepada warga yang membutuhkan jika musim kemarau datang. Bersama Dinas Koperasi (Disperindagkop Rembang) Bhina Raharja juga mengadakan pasar murah.

Dalam bidang pendidikan pihaknya siap menyekolahkan karyawannya yang berprestasi sampai ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. Bhina Raharja juga terbuka menerima anak Magang atau PKL SMK sederajat untuk menimba ilmu di Koperasinya. Dalam bidang ekonomi, kami turut serta memajukan UMKM terutama yang menjadi binaan Bhina Raharja kami lakukan pendampingan dengan membantu memasarkan produk. Ini merupakan bentuk tanggungjawab sosial (CSR) yang kami jalankan. “imbuhnya”.

Dihadapan ratusan keluarga besar Bhina Raharja yang hadir dalam RAT tersebut, Atna juga memperkenalkan wisata di Kota Rembang dan mempersilahkan para hadirin untuk berwisata di kota Rembang yang akan ditemani dirinya serta disediakan penginapan gratis. Hal ini ia lakukan dalam rangka mendukung wisata di Rembang agar ramai pengunjung.

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan dalam mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.

Sejalan dengan fungsi dan peranan koperasi, Wabup berharap keberadaan semua koperasi yang ada di Rembang utamanya koperasi Bhina Raharja untuk dapat membantu pemerintah daerah Kabupaten Rembang dalam menurunkan angka kemiskinan. Karena dalam menurunkan angka kemiskinan diperlukan kerjasma dengan semua pihak untuk bersama-sama turut ambil bagian di dalamnya.

Ekonomi kerakyatan seperti inilah yang harus kita bangun, bukan ekonomi yang sifatnya profit semata. Semoga niat yang baik, tujuan yang baik, Insya Allah hasilnya baik dan sejalan dengan visi misi kami, Rembang bangkit menuju masyarakat yang madani. “Tutupnya”.
Penulis/editor: Muhammad Widad