Bayu Andriyanto beserta Istrinya Vivit Dina

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto,SE bersama keluarga telah menempati rumah dinas Wakil Bupati yang berada di jalan dr.Soetomo Rembang kelurahan Kutoharjo,Jum’at (3/1/20117).Dalam rangka memeriahkan tasyakuran yang dilaksanakan, Sabtu (4/1/2017) malam digelar tontonan wayang kulit dengan Dalang Sigit Ariyanto, lawak Gareng dan Wiwit Sugiyarti di Rumdin Wabup untuk menghibur para tamu dan masyarakat.

Sebelum pertunjukan wayang kulit dengan lakon Babad Alas Wanamarta Wabup dalam sambutannya memohon doa kepada semua masyarakat agar diberikan kelancaran dan barokah setelah tinggal di Rumdin terutama dalam melaksanakan tugasnya sebagai Wabup.

Lebih lanjut Wabup menggunakan bahasa jawa meminta dukungan masyarakat agar diberikan kelancaran selama pemerintahan Bupati Abdul Hafidz dan dirinya dalam upaya mewujudkan Rembang yang sejahtera merata dari kota sampai desa. Harapannya pun langsung diamini para tamu yang hadir, ibarat doa yang baik untuk Rembang yang lebih baik.
“Sak derenge kula tutup, kula nyuwun doa restu lan dukunganipun warga masyarakat dumateng pemerintahan bapak bupati kaliyan Kawula wujudaken sareng-sareng inggeh meniko masyarakat merata saking kota ngantos ing desa. Sembiyanipun Rembang Bangkit panuju masyarakat ingkang madani meniko masyarakat ingkang kesejahteraanipun merata,”ungkapnya.
Sementara itu Bupati berharap Wabup bisa betah tinggal di rumdin Wabup, seperti halnya Bupati Abdul Hafidz. Dirinya telah tinggal di rumah dinas Wakil Bupati selama enam tahun sejak menjabat Wakil Bupati periode 2010-2015, dan selama 2016 saat terpilih menjadi Bupati di Pilkada kemarin. Dirinya mengaku sangat betah tinggal di Rumdin Wabup,sampai akhirnya tanggal 28 Februari 2017 kemarin Bupati pindah ke rumah dinas Bupati di dalam komplek Museum RA Kartini yang baru selesai dibangun.

Tentang rumah dinas sebagai fasilitas dari pemerintah yang digunakan untuk Bupati dan Wakil Bupati, menurutnya bukan tentang kemewahan tetapi bagaimana fasilitas tersebut mampu mendorong Kinerja Pimpinan Daerah lebih maksimal. ” Bukan masalah itu,bagaimana rumah dinas yang diberikan pemerintah mampu membangkitkan dan memotivasi untuk melakukan kegiatan pemerintah dengan maksimal,yang terpenting itu.”
Terkait lakon Babad Alas Wanamarta, Dalang Sigit menjelaskan lakon tersebut diibaratkan Wabup Bayu Andriyanto sebagai Raden Brotoseno sebagai Adik dari Puntadewa dalam hal ini Bupati H.Abdul Hafidz,dimana Brotoseno yang muda maju didepan untuk babat-babat mengawal pemerintahan. Dilindungi Bathara Bayu sehingga Wabup pun bisa bergerak cepat “sat set bat bet”.

Di satu hari sebelumnya tepatnya hari Jum’at beberapa agenda juga telah dilaksanakan terkait kepindahan Wabup ke rumah dinas. Diantaranya mengundang warga sekitar rumdin yang masuk wilayah kelurahan Kutoharjo dan sebagian warga gang kundi Sidowayah dimana rumah pribadi Wabup dan istri Vivi Dinarini, S.Farm,Apt bersama kedua putranya tinggal untuk manakipan dan khataman Al-Qur’an , tak hanya itu Wabup jugamemberikan santunan kepada anak yatim di rumah dinas.