Photo: instagramator.com/tag/nahdlatuloelama

Sebentar lagi helatan akbar pertemuan kiai-kiai sepuh nusantara bakal diadakan di Pondok Pesantren Al-Anwar Pusat, Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, 16 Maret 2017.

Acara yang bakal menyedot perhatian publik ini dimotori oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan dalam sebuah video yang beredar di media sosial bahwa PBNU merencanakan adanya pertemuan para sesepuh di Sarang Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Dalam video pendek tersebut, Kiai Said sapaan akrabnya, juga mengungkapkan terkait tujuan acara, yakni mengharap nasihat, irsyadat (arahan), taujihad (petunjuk) dari para sesepuh, agar NU kedepan semakin bermanfaat.

Basit, Ketua Pondok Pesantren Al-Anwar Pusat membenarkan adanya kegiatan tersebut. Ia mengatakan, informasi tentang diadakannya acara tersebut sudah sampai kepada para Pengurus Pondok Pesantren pada awal Maret.

“Sudah dua kali pihak PBNU melakukan survei ke sini (Pesantren Al-Anwar). Rencana awal di Ponpes Al-Anwar 3, tetapi Mbah Yai (KH Maimoen Zubair) dawuhan di pusat saja,” jelasnya saat ditemui NU Online di Pondok Al-Anwar Sarang, Rabu (8/3) pagi.

Pihaknya juga telah melakukan beberapa persiapan, termasuk percepatan penyelesaian pembangunan gedung baru yang rencananya akan dipakai acara. Selain itu pembentukan kepanitiaan juga sudah diproses.

Diantara kiai sepuh yang datang dalam acara ini antara lain, KH Miftahul Akhyar, KH Said Aqil Siroj, KH Maimoen Zubair, Habib Luthfi bin Yahya, KH A Mustofa Bisri, KH Ma’ruf Amin, KH Anwar Manshur, KH Munif Zuhri, TGH Turmudzi Badaruddin, KH Abuya Muhtadi, KH M Sanusi Baco, KH M Buya Letter, KH A Nawawi Abd Djalil, KH Dimyathi Rois, KH Ali Masyhuri, serta Tuan Guru A Zuhdiannoor.
Penulis: Aan Ainun Najib/Fathoni
Editor: Muhammad Widad
Source: nu.or.id