Ketua Kwarcab Rembang Bayu Andriyanto saat memimpin pembukaan lomba tingkat III Kwartir Cabang Rembang.

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Rembang, Sabtu (22/04) menggelar perkemahan lomba tingkat III cabang Rembang tahun 2017. Acara tersebut dibuka sekitar pukul 15:30 bertempat di Bumi Perkemahan Karangsari Park desa Seren kecamatan Sulang. Peserta lomba tersebut adalah peserta pemenang lomba tingkat II Kwartir Ranting. Setiap Kwartir Ranting mengirim delapan penggalang putra, delapan penggalang putri dan dua pembina pendamping. Dimana nantinya, peserta terbaik atau juara I putra dan juara I putri akan mewakili Kwarcab Rembang ke Lomba tingkat IV di Semarang.

Wijanarto Ketua panitia kegiatan, dalam membacakan laporan dihadapan peserta lomba dan para hadirin mengatakan, tujuan lomba tingkat III Kwarcab Rembang 2017 adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode penghormatan yang berupa janji Trisatya dan Dasa Darma Pramuka serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan pramuka penggalang.

Gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan bagi peserta didik dengan menggunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan gerakan pramuka tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya tujuan gerakan pramuka. “Tegasnya”.

Ketua Kwarcab Rembang yang sekaligus Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, dalam sambutannya mengatakan, perlombaan yang digelar untuk merevitalisasi gerakan pramuka di Rembang. Ia mengingatkan bahwa gugus depan merupakan ujung tombak yang paling utama.

“Ini merupakan gerakan pramuka, salah satu pilar pendidikan yang tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali gugus depan sebagai ujung tombak gerakan pramuka. Gerakan kepramukaan juga mempunyai peran besar dalam membentuk kepribadian generasi muda,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyerukan bahwa pramuka merupakan wadah untuk membentuk karakter pemuda yang berani, disiplin dan berprestasi. Maka saya sangat bangga kepada adik-adik semua yang mempunyai semangat kepramukaan. Saya yakin melalui kegiatan pramuka ini mampu menjauhkan kalian dari kenakalan remaja yang saat ini memprihatinkan. Seperti tawuran, seks bebas dan narkoba, semua itu dapat menghancurkan masa depan dan cita-cita kalian.

Diakhir sambutannya, Bayu berpesan kepada seluruh jajaran kwartir cabang, kwartir ranting, gugus depan, pelatih dan pembina pramuka untuk dapat membuat program pembinaan kepribadian akhlak dan moral, taat kepada ajaran agama serta mempunyai pengetahuan dan ketrampilan untuk menjawab tantangan dan tuntutan dimasa depan.