SBY saat berkunjung ke batik tulis Lsaem

Kota Lasem yang berada di Kabupaten Rembang Jawa Tengah, sering juga disebut sebagai Tiongkok Kecil. Akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa sangat terasa di berbagai sudutnya. Hari Rabu (16/3), ‪SBYTourdeJava‬, sengaja singgah di Lasem. Di sana salah satu yang terkenak adalah batiknya, yang juga memiliki corak perpaduan Tionghoa dan Jawa. Cantik sekali. “Ungkap SBY”.

SBY dan Ibu Ani terlihat asik memilih-milih batik Lasem yang akan dibeli, setelah berkeliling melihat proses pembuatan batik. Para pengrajin batik di sana mengaku senang SBY dan Ibu Ani bisa berkunjung ke tempat mereka. “Saya senang Pak SBY dan Ibu Ani bisa ke sini, supaya batik lasem semakin terkenal karena dipakai Pak SBY,” ujar seorang pengrajin batik lasem.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, masyarakat lokal Lasem menyiapkan foto untuk ditandatangani SBY dan Ibu Ani agar dapat dipajang sebagai bentuk kenang-kenangan.

Anggota komisi X DPR RI Anang Hermansyah, mengungkapkan apresiasinya kepada mantan Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengadakan kegiatan “Tour De Java”.

“Aku mengapresiasi langkah SBY melakukan Tour De Java,” ujarnya, di Jakarta, Kamis 17 Maret 2016.

Menurutnya, langkah ini dilakukan SBY karena dia pernah menjadi bagian dari orang yang pernah membangun bangsa, bukan karena dia merasa masih ingin menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Bukan merasa masih menjabat, dia bagian dari orang yang pernah menjabat, itu sah-sah saja,” ujarnya.

Politisi PAN ini menuturkan apabila tour de Java SBY dilakukan sebagai bentuk untuk membangkitkan Indonesia, sebagai bentuk gotong royong untuk melengkapi merah putih dalam membangun Indonesia, menurutnya hal ini perlu didukung dan diapresiasi.

“Kalau Tour De Java SBY dilakukan untuk membangkitkan Indonesia, ini harus didukung, kenapa enggak,” katanya.
(Muhammad Widad).