Posted on: May 4, 2020 Posted by: admin Comments: 0

Berikut Jawaban soal jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah! Soal tersebut terdapat dalam materi X Sains: Gaya dan Sifat Sifatnya kelas 4 5 6 SD program Belajar dari Rumah TVRI, Selasa 5 Mei 2020. Materi ini akan disampaikan dalam program Belajar dari Rumah TVRI yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah! Gaya merupakan tarikan atau dorongan yang menyebabkan suatu benda bergerak. Contoh aktivitas menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah:

Menyetrika pakaian (gaya gesek) Mengepel lantai (gaya dorong) Mengangkat lemari atau perlengkapan lainnya (gaya otot)

Mencuci piring dengan spon yang telah ada sabun (gaya gesek) Memindahkan meja dengan mendorong (gaya dorong) Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua mengoreksi jawaban anak.

Jika kurang jelas, silahkan simak tayangan materi di bawah ini: Dalam Belajar dari Rumah TVRI, orang tua diharapkan memandu secara langsung proses pembelajaran yang diikuti anak. Hal tersebut bertujuan agar anak dapat mengembangkan kompetensi sebagai berikut:

1. Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan menanggapi menggunakan pengetahuannya. 2. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalaman dengan lebih terstruktur. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:

1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya.

Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.

Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.

Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak. Berikut ini jadwal belajar dari rumah TVRI untuk Paud, SD, SMP dan SMA/SMK, Selasa (5/5/2020):

Pukul 08.00 08.30 : Jalan Sesama: Grrr, Meong, Citcit Pukul 08.30 09.00 : Matematika: Mengukur Berat Benda Pukul 09.00 09.30 : X Sains: Gaya dan Sifat sifatnya

Pukul 09.30 10.00 : Mat Mantul: Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Pukul 10.00 10.30 : Mat: Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat Selain melihat pada tayangan televisi, program Belajar dari Rumah ini juga bisa diikuti dengan live streaming online TVRI.

Via Vidio klik di . Via Official Site klik di . Via UseeTV klik di .

Via Mobile Site di .

Leave a Comment