4 Jenis Kurikulum yang sering Digunakan

Sama seperti pekerjaan yang memiliki pedoman kerja, sekolah juga memerlukannya. Pedoman yang mengatur rencana pembelajaran dan berbagai kegiatan sekolah kita sebut sebagai kurikulum. Di dunia ini ada banyak sekali jenis kurikulum contohnya British Jakara Intercultural School yang menerapkanĀ  kurikulum IPC untuk program SD.

 

Mengenal Jenis-Jenis Kurikulum yang sering Digunakan

Banyak orang tua ingin anak mereka sukses tapi tidak didukung dengan pemberian fasilitas pendidikan yang baik. Pikirkan pendidikan anak dengan mempelajari berbagai kurikulum sekolah berikut ini:

  • IPC (International Primary Curriculum)

Ketika duduk di bangku sekolah setiap siswa memiliki teknik atau metode belajar yang berbeda-beda. Beberapa siswa cenderung memilih untuk menghapal tapi tidak sedikit pula yang belajar memahami pelajarannya. Bagaimana pun jenisnya, setiap metode belajar memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri.

IPC merupakan jenis kurikulum yang memberikan pendekatan karakter pada siswanya. Artinya, sekolah berusaha merangkul seluruh siswa untuk memahami pelajaran bukannya menghapal. Pendekatan ini diharapkan sekolah dapat mendukung siswa untuk memahami dunia lebih baik sehingga tidak kalah berkompetisi ketika masuk ke level kehidupan selanjutnya.

  • IB (International Baacalaureate)

Setiap sekolah ingin siswa mereka cerdas secara intelektual sehingga diakui oleh masyarakat. Namun kurikulum IB membantu sekolah membentuk karakter siswa agar memiliki keterampilan lebih dari sekedar otak yang gemilang. Karena di era saat ini, kecerdasan bukanlah satu-satunya keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang siswa.

Pertama adalah membantu siswa mengendalikan emosi mereka sehingga mampu berpikir bijaksana ketika dihadapkan dengan masalah. Sekolah juga mengajarkan siswa untuk mengasah kemampuan sosialiasi dan berpikir kreatif. Sehingga mereka tidak mengalami kejutan saat berhadapan dengan banyak orang ketika beranjak dewasa.

  • Cambridge International

Universitas Cambridge merupakan salah satu kampus skala internasional yang sangat bergengsi. Banyak orang yang bermimpi kuliah di sana tidak terkecuali siswa Indonesia. Sebelum benar-benar terdaftar sebagai mahasiswa atau mahasiswi Universitas Cambridge baiknya pelajari terlebih dahulu kurikulum pembelajarannya.

Cambridge Curriculum International membantu siswa Indonesia untuk lebih siap dalam berkompetisi di bidang pendidikan. Kami sebut demikian karena kurikulum ini fokus terhadap kemampuan siswa dalam berbahasa asing. Cambridge International juga mendorong siswa untuk belajar public speaking dan berpikir out of the box.

  • Montessori

Lingkungan belajar membantu siswa memperoleh pelajaran dengan baik atau kebalikannya. Lingkungan yang baik dengan ditemani teman sebaya yang menyenangkan akan membantu anak menerima pelajaran dan bersosialiasi dengan mudah. Sebaliknya, lingkungan yang buruk membuat anak kesulitan menangkap pelajaran begitu juga berteman.

Kurikulum ini mengarahkan pendidik untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan membentuk lingkungan belajar yang menyenangkan. Anak diajarkan untuk mandiri dan berusaha beradaptasi. Tugas pendidik adalah mengamati seluruh siswa sehingga mereka mendapatkan pola tingkah laku baik dari siswa A, B dan seterusnya.

Sebagai orang tua banyak sekali kekhawatiran yang muncul ketika anak mulai masuk usia sekolah. Kekhawatiran terbesar adalah salah memilihkan instansi pendidikan sehingga anak tidak memperoleh pendidikan secara maksimal. Penting bagi semua orang tua untuk mempelajari sekolah termasuk jenis kurikulum yang diterapkannya.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Back to top