Pendidikan

86 Buku Tematik Subtema 2 Pembelajaran 3 85 84 83 82 Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD Halaman 81

Inilah kunci jawaban Tema 3 untuk kelas 3 SD/MI pada buku tematik halaman 81, 82, 83, 84, 85, dan 86. Soal ini ada dalam Subtema 2 Pembelajaran 3 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Ada empat subtema dalam buku tematik kelas 3 SD Tema 3 yang berjudul Benda di Sekitarku.

Pada subtema 2, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Wujud Benda. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam buku tematik 3. Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut! 1. Amatilah benda benda padat di sekitarmu!

2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu! Jawaban: Zat padat memiliki volume dan bentuk tetap atau tidak berubah ubah. Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya.

Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misal batu di halaman, lemari di dalam kamar, hingga kursi di teras. Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan.

Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat. Mengetahui Sifat Benda Padat 1. Ember

2. Gelas 3. Kantong plastik 1. Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.

2. Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1. Jawaban: Kamu telah melakukan percobaan. Hasil percobaanmu telah diperoleh. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda padat?

Benda padat mempunyai sifat: Jawaban: Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya

Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat Apakah hasil pengamatanmu sama dengan hasil percobaanmu? Jawaban: Ya, sama. Hasil pengamatan sama dengan hasil percobaan.

Sebutkan benda yang digunakan untuk mengukur jarak dari rumahmu ke sekolah! Berapakah jarak yang ditempuh dari rumahmu ke sekolah? Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu. Jawaban: Jarak yang ditempuh dari rumah ke sekolah adalah 1 km.

Rumah Dayu berjarak 6 km dari sekolah. Jarak dari sekolah ke pasar 7 km. Berapa jarak yang ditempuh Dayu dari rumah ke pasar? Jarak yang ditempuh Dayu dari rumah ke pasar adalah Km + 7 km = 13 km

1. Udin dan Beni akan berlomba lari. Jarak yang akan ditempuh 350 m. Lomba pun segera dimulai. Saat Udin telah sampai ke garis akhir, Beni baru menempuh 200 m. Berapa meter sisa jarak yang harus ditempuh Beni sampai ke garis akhir? Jawaban:

350 m 200 m = 150 m 2. Jarak rumah Edo ke sekolah 2.500 m. Jarak rumah Siti ke sekolah 4.740 m. Berapa meter perbedaan jarak rumah Siti dan Edo dari sekolah?

Jawaban: 4.740 m 2.500 m = 2.240 m 3. Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km.

Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya, ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah? Jawaban:

Km 2 km = 1 km (1.000 m) 4. Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik bus. Jarak Jakarta ke Bandung 130 km. Bus telah menempuh jarak dari Jakarta ke Bandung sejauh 50.000 m.

Berapa km sisa jarak yang harus ditempuh bus tersebut? Jawaban: 50.000 m = 50 km

130 km 50 km = 80 km 5. Bantulah Siti menentukan jarak dari rumah ke sekolah! Jarak rumah Siti ke sekolah 3 kali jarak dari rumah ke pasar. Jarak dari pasar ke rumah 100 m.

Berapakah jarak yang harus ditempuh Siti dari rumah ke sekolah? Jawaban: X 100 m = 300 m

Disclaimer: Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *