Nasional

Jokowi: Pangkas Belanja yang Bukan Prioritas untuk Tangani Virus Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian dan kepala daerah segera menyisir ulang anggaran anggaran yang bisa direalokasi untuk penanganan virus corona (Covid 19). Hal ini disampaikan Jokowi saat sidang kabinet paripurna yang membahas kerangka ekonomi makro dan pokok pokok kebijakan fiskal tahun 2021 serta mengenai refocusing dan realokasi anggaran APBN 2020 melalui telekonferensi, Selasa (14/4/2020). "Untuk refocusing dan realoakasi APBN 2020, saya ingin menekankan sekali lagi agar seluruh Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah menyisir ulang kembali APBN dan APBD nya. Pangkas belanja tidak prioritas, sekali lagi pangkas belanja belanja yang tidak prioritas," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta kementerian dan kepala daerah memotong rencana belanja yang tidak mendesak. Sebagai contoh, perjalanan dinas, rapat rapat dan belanja belanja lain yang manfaatnya tidak dirasakan langsung oleh rakyat. Ia juga menekankan, penggunaan anggaran saat ini difokuskan pada tiga hal paling prioritas di tengah pandemi virus corona.

Pertama, kesehatan, kedua, jaring pengaman sosial dan ketiga adalah stimulus ekonomi bagi pelaku usaha dan UMKM. "Fokuskan semua kekuatan pada penanganan Covid 19, baik di bidang kesehatan maupun penanganan dampak sosial, ekonominya," ucap Jokowi. "Sudah berkali kali saya sampaikan, jangan sampai lari dari tiga priortas itu," tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *