Metropolitan

KCI Dukung Pengaturan Jam Kerja, Transportasi Publik Jadi Lebih Aman dan Seimbang

PT Kereta Api Indonesia (KCI), menanggapi Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pusat yang mengatur jam kerja menjadi dua gelombang untuk wilayah Jabodetabek. VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, mengatakan dengan adanya SE ini berbagai lembaga, instansi pemerintah, dan dunia usaha dapat menerapkan sistem kerja bertahap. "Jam kerja bertahap ini, akan membuat perjalanan pekerja akan lebih aman saat menggunakan transportasi publik," kata Anne dalam keterangannya, Senin (16/6/2020).

Masyrakat yang akan pergi dan pulang kerja, lanjut Anne, dapat menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak aman yang lebih terjaga. "Bukan hanya penerapan jaga jarak aman, tetapi dengan adanya jam kerja bertahap transportasi akan lebih seimbang dengan kebutuhan masyarakat," ujar Anne. Pasalnya, menurut Anne, tanpa adanya penyesuaian jam kerja ini penerapan physical distancing atua jaga jarak aman akan sulit diterapkan dalam transportasi umum khususnya Kereta Rel Listrik (KRL).

"Hal ini disebabkan karena mayoritas pengguna KRL merupakan pekerja yang bersama sama naik moda transportasi ini secara bersamaaan terutama jam sibuk pagi dan sore hari," kata Anne. Sebagai informasi, pengaturan jam kerja bertahap sesuai rekomendasi Gugus Tugas yaitu untuk tahap 1 pekerja masuk pukul 07.00 WIB 07.30 WIB dan kembali pulang pada pukul 15.00 WIB 15.30 WIB. Kemudian untuk tahap 2 pekerja masuk pada 10.00 WIB 10.30 WIB dan kembali pulang di pukul 18.00 WIB 18.30 WIB akan membuat sebaran pengguna KRL lebih merata dan tidak terfokus pada jam jam sibuk saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *