Superskor

Osvaldo Haay Dua Kali Absen di Latihan Persebaya, Aji Santoso: Jangan Sampai Salah Ambil Keputusan

Osvaldo Haay kembali tidak mengikuti sesi latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim, Selasa (14/1/2020) sore ini. Momen tersebut bukanlah kejadian pertama kali, sebelumnya Osvaldo Haay juga absen dalam latihan perdana Persebaya sebelum pertandingan melawan Persis Solo. Osvaldo Haay baru mengikuti latihan penuh sehari sebelum laga uji coba tersebut, padahal Persebaya telah menjadwalkan kegiatan perdana tim pada 6 Januari 2020.

Perilaku indispliner yang dilakukan oleh Osvaldo Haay tersebut semakin kuat mengindikasikan dirinya akan hengkang dari tim Bajul Ijo. Kedua pemain asing yang dimaksud adalah David da Silva dan Aryn Williams, karena keduanya masih berada di kampung halamannya. Sementara Mahmoud Eid yang menjadi rekrutan pemain baru Persebaya terlihat sudah ikut berlatih kembali bersama tim asuhan Aji Santoso.

Selain itu, tiga pemain muda Persebaya, Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Moch Supriadijuga absen karena mendapat panggilan menjalani seleksi timnas U 19 di Cikarang. Menanggapi hal tersebut, Aji Santoso akhirnya buka suara terkait sikap indispliner yang akhir akhir ini dilakukan oleh Osvaldo Haay. Aji Santoso menegaskan Osvaldo harus bisa bersikap secara profesional sehingga ia tahu apa yang harus dilakukan sebagai pemain.

Tak luput, mantan pelatih Persela tersebut juga memberikan nasehat kepada Osvaldo terkait masa depannya. "Kita lihat perkembangan ke depan seperti apa, kita lihat pemain kita yang di sayap nanti seperti apa tanpa Osvaldo," kata Aji Santoso dilansir dari . "Saya sudah ngomong ke dia, gabung ya tidak apa apa kalau tidak gabung dengan tim juga tidak apa apa. Saya pesan ke dia jangan sampai dia salah ambil keputusan," tutur Aji.

Alhasil kini pihaknya menyerahkan keputusan secara penuh Osvaldo Haay terhadap manajemen. Osvaldo Haay sendiri masih terikat kontrak dengan klub Bajul Ijo hingga akhir Januari 2020 Apapun keputusan yang nantinya akan diambil oleh Osvaldo, Aji meminta semua elemen tim Persebaya untuk menghormati keputusan yang diambil oleh dia.

"Apapun keputusan Osvaldo harus kita hargai, walaupun sebenarnya saya berharap dia masih di Persebaya tapi nanti jika dia ambil keputusan lain setelah pulang dari Papua, kita hormati keputusannya," imbuh mantan pelatih Persela Lamongan tersebut. Negosiasi alot yang sedang terjalin antara manajemen Persebaya dengan Osvaldo Haay dikabarkanmenjadi muara permasalahannya. Hal itulah yang membuat rumor kepindahan Osvaldo Haay semakin kencang.

Sebelumnya,Osvaldo Haay pernah mengungkapkan dirinya sedang menunggu kejelasan masa depannya dari pihak manajemen Persebaya. "Saya menunggu kejelasan dari manajemen Persebaya. Saya pun masih terikat kontrak dengan Persebaya," kata Osvaldo. Kepergian Osvaldo Haay dari skuat Persebaya semakin menguat setelah sang pemain memutuskan mangkir dari latihan klub tanpa alasan yang kurang jelas.

Beberapa kejadian tersebut semakin memanaskan rumor hengkangnya Osvaldo Haay dari Persebaya di musim depan. Rumor kemudian berkembang dengan menyebutkan Osvaldo akan memperkuat Persija pada musim depan. Osvaldo juga menyatakan belum memikirkan klub yang diperkuatnya pada musim depan.

"Saya masih menunggu dihubungi oleh manajemen Persebaya. Sampai saat ini belum dihubungi," tutur Osvaldo. Osvaldo mengaku baru bisa mempertimbangkan tawaran tawaran dari klub lain setelah ada keputusan yang jelas dari Persebaya. "Ada tawaran tawaran dari beberapa klub lokal dan Eropa. Tapi semua termasuk Persija masih tawaran. Belum ada yang deal," tutur Osvaldo.

Osvaldo sendiri adalah salah satu pemain andalan Persebaya pada musim lalu dengan catatan 6 gol. Eks pemain Persipura Jayapura ini juga tampil bersinar di SEA Games 2019. Dia menjadi top skor dengan torehan 8 gol. Performa gemilangnya tersebut yang membuat Osvaldo Haay menjadi buruan tim tim lokal maupun luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *