Pendidikan

Selalu Berhemat Energi Kisi-kisi Soal & Jawaban UTS Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD

Simak kisi kisi hingga contoh soal Ujian Tengah Semester (UTS) Kelas 4 SD Tema 2: Selalu Berhemat Energi. Setelah mempelajari Buku Tematik Kelas 4, siswa akan melaksanakanUTS untuk beberapa ke depan. Dalam artikel ini, tersedia referensi kisi kisi Tema 2 Kelas 4 SD/MI Subtema 2 dan 3.

Di mana terdapat mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Selanjutnya, ada contoh soal yang bisa dipelajari siswa untuk mempersiapkan UTS. Dalam kisi kisi UTS, terdapat kompetensi dasar serta indikator soalnya.

Kompetensi dasar: Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Indikator:

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan sikap hemat. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan sikap hemat. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan nama salah satu contoh sikap berdasarkan sebuah tindakan. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu memberikan contoh sikap hemat energi. (Isian) Kompetensi dasar: Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.

Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan maksud dari poster. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu membuat kata kata ajakan menghemat energi pada sebuah poster. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menuliskan kesimpulan dari sebuah bacaan. (Isian) Kompetensi dasar: Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan manfaat dari batubara. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan manfaat dari minyak bumi bagi kehidupan. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan upaya yang harus di lakukan untuk melestarikan air bersih. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan proses terbentuknya batubara. (Isian) Kompetensi dasar:

Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari hari. Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas dalam kehidupan sehari hari. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu memberikan contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari hari. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan macam macam energi beserta contohnya. (Isian) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan perubahan energi dan contohnya. (Isian)

Kompetensi dasar: Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari Indikator:

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan contoh sikap ramah lingkungan. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan kebiasaan untuk menghemat energi. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan. (Isian)

Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan hak masyarakat terhadap lingkungan. (Isian) Kompetensi dasar: Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda. Indikator: Disajikan soal, siswa mampu menemukan gagasan pokok pada sebuah paragraf. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menemukan pokok paragraf pada sebuah bacaan. (Isian) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan inti isi pada sebuah teks. (Pilihan ganda) Kompetensi dasar:

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. Indikator: Disajikan soal, siswa mampu memberikan contoh dari bahan bakar bio. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan energi alternatif. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan manfaat dari sumber daya sungai. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan manfaat dari penggunaan bahan bakar alternatif bioetanol pada kendaraan bermotor. (Isian)

Kompetensi dasar: Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari hari Indikator:

Disajikan soal, siswa mampu memberikan contoh dari energi alternatif dalam kehidupan sehari hari. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan manfaat sumber energi angin. (Pilihan ganda) Disajikan soal, siswa mampu menyebutkan sumber energi utama di dalam bumi. (Pilihan ganda)

Disajikan soal, siswa mampu menjelaskan pengertian dari sumber energi alternatif. (Isian) 1. Sikap dimana kita tidak membelanjakan atau menggunakan sesuatu yang tidak begitu penting disebut …. A. Efektif c. Hemat

B. Efisien d. Rajin 2. Berikut cara menghemat penggunaan kertas yang tepat adalah ….. A. Menggunakan dengan sekali pakai c. Menggunakan kertas bekas untuk media belajar

B. Dibakar setelah tidak dipakai d. Menghamburkan kertas 3. Daripada pergi ke sekolah naik kendaraan, kita dapat naik sepeda atau berjalan kaki merupakan contoh sikap …… A. Apa adanya c. Semangat

B. Menghemat energi d. Rajin 4. Yang bukan merupakan sikap ramah lingkungan yaitu …. A. Membuang sampah pada tempatnya c. Menanam dan merawat tanaman

B. Menghemat penggunan air d. Mengalirkan limbah ke sungai 5. Sikap untuk menghemat energi berikut ini kecuali …… A. Mematikan lampu siang hari c. Menggunakan air secukupnya

B. Menggunakan kendaraan bermotor kemananpun d. Mematikan alat listrik jika tidak digunakan 6. Pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat tempat umum yang strategis agar mudah diketahui banyak orang. Selain itu berisi ajakan atau imbauan untuk melakukan sesuatu, disebut ….. A. Majalah dinding c. Iklan

B. Poster d. Koran 7. Berikut yang merupakan kalimat ajakan yaitu …. A. Mari hemat air bersih ! c. Hari yang cerah

B. Bersih pangkal sehat d. Air jernih yang menyehatkan 8. Tadi malam tanteku melahirkan di rumah sakit. Aku menjenguk ke sana. Aku dan ibuku menunggu di ruang bersalin. Tiba tiba terdengar suara tangisan bayi. Setelah beberapa saat kami masuk ruangan. Tanteku telah melahirkan dengan selamat. Bayinya sangat lucu. Kami merasa bahagia. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …

A. Tanteku melahirkan di Rumah Sakit dengan selamat c. Aku dan Ibuku menunggu di ruang bersalin B. Aku menjenguk di Rumah Sakit d. Bayinya sangat lucu 9. Jum’at bersih merupakan kebiasaan baik sekolah kami. Setiap hari kami membersihkan ruangan kelas dan merawat taman secara bersama sama. Aku terbiasa mendapat bagian menyiram tanaman. Aku sangat gembira karena bersentuhan dengan bunga bunga yang indah di waktu itu. Inti pada teks di atas berada pada …..

A. Membersihkan ruang kelas dan merawat taman setiap hari c. Bersentuhan dengan bunga–bunga yang indah B. Menyirami tanaman d. Jumat bersih di Sekolah 10. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah, termasuk batu bara. Berikut manfaat dari batubara yaitu

A. Sebagai bahan bangunan c. Sebagai bahan perhiasan B. Menghasilakan metanol untuk bahan bakar d. Menghasilkan sulfur 11. Peran minyak bumi sangat penting bagi kehidupan sehari hari dalam membangun perekonomian masyarakat. Berikut manfaat minyak bumi, kecuali …..

A. Bahan bakar c. Pembangkit listrik B. Industri kimia d. Menggoreng 12. Seiring berjalannya waktu, tersedianya air bersih semakin menipis namun kebutuhan air bagi manusia semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan pencemaran air tanah yang dihasilkan oleh manusia, Bahkan beberapa wilayah tidak tersedia air bersih dan masyarakat terpaksa harus membelinya. Berikut upaya pelestarikan air bersih, kecuali….

A. Menghemat penggunaan air c. Pengolahan limbah B. Memakai bahan kimia untuk menjernihkan air d. Penanaman pohon 13. Contoh Tumbuhan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bio adalah ….

A. Pohon pisang c. Kelapa sawit B. Ketela d. Tumbuhan padi 14. Yang merupakan energi altenatif, kecuali ….

A. Biodisel c. Metanol B. Ethanol d. Paracethamol 15. Yang bukan merupakan pemanfaatan sungai yaitu ….

A. PLTU c. Tempat wisata B. Ekosistem d. Budidaya ikan tawar 16. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas pada dalam kehidupan sehari hari yaitu …..

A. Kulkas c. Radio B. Televisi d. Oven 17. Yang bukan merupakan bentuk energi yaitu …..

A. Energi panas c. Energi dingin B. Energi listrik d. Energi gerak 18. Penggunaan kotoran hewan ternak sapi untuk membuat api dari gas metana merupakan sumber energi alternatif yaitu …..

A. Biodisel c. Metanol B. Ethanol d. Biogas 19. Salah satu pemanfaatan sumber energi angin yaitu ….

A. Fotosintesis c. Mengeringkan ikan B. Pembangkit listrik d. Pembuatan bahan kimia 20. Apa sumber energi utama di bumi?

A. Matahari c. Listrik B. Tanah d. Nuklir 1. Berikan contoh sikap hemat energi dirumah !

2. Sebutkan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan! 3. Sebutkan hak masyarakat terhadap lingkungan! 4. Saat sedang belajar bersama di rumah Lani, Beni terlihat tidak sehat. Seringkali ia batuk. Lani kemudian dipanggil Ibu. Mereka berdua berbicara di dapur. Tidak lama kemudian, Lani datang membawa secangkir air. Ia menyodorkan minumannya kepada Beni dan meminta meminumnya. Setelah itu, Beni terlihat lega. Teman temannya bertanya kepada Lani tentang minuman tersebut. Lani menerangkan bahwa ia baru saja memberi Beni air jahe. Ibu Lani membuat minuman dari jahe yang dicampur dengan sedikit gula. Di belakang rumah Lani banyak tanaman Jahe. Banyak orang percaya bahwa jahe bisa membuat tenggorokan lega saat kita batuk. Jahe pun membuat tubuh hangat.

Apa kesimpulan bacaan diatas? 5. Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Hampir di setiap belahan dunia, orang orang begitu gegap gempita saat menonton pertandingan sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh sebelas orang setiap timnya. Maka sering kali, sebuah tim juga disebut sebagai kesebelasan. Dari kampung hingga daerah perkotaan, kita bisa melihat banyak orang yang bermain sepakbola. Hal itu berarti sepakbola bisa dimainkan di banyak tempat. m Pokok paragraf di atas adalah …..

6. Sebutkan manfaat penggunaan bahan bakar alternatif bioetanol untuk kendaraan bermotor! 7. Bagaimanakah proses terbentuknya batubara? 8. Sebutkan macam macam energi yang kamu ketahui beserta contohnya!

9. Berikan contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari hari ! 10. Apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif? 1. B 6. C 11. B 16. D

2. D 7. D 12. B 17. B 3. C 8. B 13. B 18. D 4. D 9. A 14. D 19. B

5. C 10. C 15. C 20. C 1. Manfaat musyawarah yaitu: Pelaksanaan sikap demokrasi

Pengujian sikap toleransi Pengembangan kebebasan pribadi Pengembangan latihan berfikir

Penambahan pengetahuan dan pengalaman 2. Hak: Memanfaatkan sumber daya alam secara bijak, seperti menggunakan air untuk kebutuhan sehari hari Kewajiban: Melakukan penghematan terhadap sumber daya alam, seperti air, melakukan penanaman pohon setelah melakukan penebangan, membuang sampah pada tempatnya

3. Siswa cukup bagus dalam mengerjakan soal Matematika 4. Banyuwangi merupakan salah satu penghasil ikan laut terbesar di Indonesia 5. Fahombo Batu atau lompat batu

6. Energi panas, energi listrik, dan energi air 7. Macam bunyi pantul yaitu : 8. Bunyi akan dipantulkan apabila mengenai permukaan benda yang keras dan tidak mudah tertembus oleh

Gelombang, misalnya dinding kaca, besi, dan seng 9. Peran matahari: Seiring dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan malam.

Seiring dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Berperan pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca mendung, panas, dan hujan. Berperan pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.

Berperan pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan dan manusia. Panas matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses pembuatan garam. Cahaya dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Cahaya matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan tulang pada anak anak 10. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui adalah Sumber daya alam yang tidak dapat habis atau punah jika digunakan, karena sumber daya alam ini dapat diperbaharui, dapat di daur ulang, tumbuh atau dapat dibuat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *