Regional

Warga Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter yang Terjebak di Jaring Penangkap Udang

Buaya muara yang sering muncul di sungai Desa Iyok Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, berhasil ditangkap warga, Sabtu (11/1/2020). Menurut Kapolsek Nuangan Iptu Junaidi Chandra Pulukadang, buaya itu memiliki panjang kurang lebih 2,5 meter yang sering muncul di kolam ikan dekat Pantai Iyok. Chandra mengatakan, buaya tersebut dilihat oleh salah seorang warga yang bernama Tazli Mamonto, nelayan desa setempat sekitar 07.30 Wita.

Melihat seekor buaya telah tersangkut di jaring penangkap udang, Tazli memanggil warga untuk bersama sama menangkap dan mengamankan buaya tersebut. "Butuh waktu hampir tiga jam dan warga berhasil mengikat buaya tersebut," tambahnya. Usai berhasil diikat buaya ditarik ke kompleks pasar Iyok, sambil menunggu ditindaklanjuti oleh petugas berwenang dan menjadi tontonan warga.

Menurut tokoh masyarakat Desa Iyok Abdurahman Ambarak, pihak Pemerintah desa dan masyarakat telah berkoordinasi dengan dinas terkait yaitu Dinas Penangkaran dan Perlindungan Satwa Provinsi Sulut untuk dipindahkan. "Akan diserahkan ke Dinas terkait biar ditangani," kata Ambarak. Menurut penuturan warga, pesisir di Kecamatan Nuangan masih banyak terdapat buaya yang hidup di muara.

Buaya buaya sering terlihat saat mencari makan. Bahkan pada tahun tahun sebelumnya, anak anak buaya sempat diamankan warga. Chandra mengimbau warga sekitarnya agar segera melaporkan jika melihat keberadaan buaya yang mengancam keselamatan jiwa masyarakat.

Warga juga diminta untuk waspada, yang kapan saja bisa mengancam keselamatan jiwa warga. "Warga agar berhati hati jika memancing di sepanjang Sungai Iyok. Jika melihat buaya segera lapor ke Pemerintah Desa, Kecamatan atau langsung ke Polsek," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *