Techno

Grab Ekspansi Layanan Kendaraan Berbasis Listrik menuju Bali Gandeng Sejumlah Pihak

Grab, aplikasi serba bisa terdepan di Asia Tenggara, terus mempertegas komitmen jangka panjangnya dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik nasional. Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya 30 kendaraan motor listrik dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di 7 titik yang tersebar di seluruh Bali, Kamis (26/11). “Untuk mendukung misi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 29% pada 2030, kami telah meluncurkan peta jalan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia pada 2019 lalu. Hari ini kami bangga dapat memperluas jangkauan kami hingga Bali, dengan menghadirkan KBL dan SPBKLU di Pulau Dewata, untuk mendukung terbangunnya sistem Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang ramah lingkungan serta efisien,” ungkap Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.

Dalam peluncuran teknologi ini, Grab turut menggandeng sejumlah pihak diantaranya yaitu PLN Unit Induk Distribusi (UID) Provinsi Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PT Pegadaian, Astra Honda Motor, dan Panasonic yang juga sekaligus mengimplementasikan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang memasyarakatkan KBL di Indonesia. “Melalui kolaborasi bersama sejumlah pihak seperti PLN dan Pegadaian, kami ingin berterima kasih kepada pemerintah daerah serta dinas terkait di Bali yang berbagi visi yang sama dalam memajukan perkembangan transportasi berbasis listrik di Indonesia,” tambah Neneng. Disamping itu, GM PLN UID Bali, Adi Priyanto pun menyampaikan antusiasmenya atas kerja sama yang terjalin dalam mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai guna menciptakan ketahanan energi nasional.

“Kemampuan, pengalaman, dan sumber daya yang dimiliki PLN dan Grab didasari oleh visi yang sama untuk saling bersinergi dalam rangka mendukung penetrasi program kendaraan bermotor listrik di Indonesia yang lebih ekonomis, ramah lingkungan dan menuju peradaban yang modern,” paparnya. Hingga saat ini, Grab telah menjalin kerja sama dengan Hyundai, Kymco, VIAR dan SELIS dalam menyediakan lebih dari 5.000 armada mobil listrik, motor listrik, sepeda listrik dan skuter listrik di Indonesia dan menjadikan Grab sebagai perusahaan pertama yang mengoperasikan lebih dari 5.000 kendaraan listrik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *