Komponen-komponen Penting yang Menunjang Performa Common Rail

 

Hadirnya sistem terbaru dalam truk common rail FM 65 FS menjadi kabar baik untuk pengguna kendaraan besar. Pasalnya, sistem common rail membawa berbagai keunggulan yang membantu penghematan bahan bakar hingga meningkatkan performa kendaraan secara optimal. Tak menutup kemungkinan,common rail akan menggantikan sistem konvensional untuk mengimbangi kecepatan dan permintaan konsumen.

Kecanggihan yang ditawarkan common rail tak terlepas dari komponen-komponen yang menyusunnya. Berikut adalah lima komponen yang memegang peran penting pada common rail.

  • Turbo¬†

Mesin diesel pada truk yang sudah memakai common rail biasanya sudah dilengkapi turbo. Komponen ini berfungsi sebagai induksi udara tambahan yang terdapat dalam ruang pembakaran dan mesin. Kemudian, udara yang masuk ke ruang bakar dapat dimampatkan secara maksimal dan membuat kompresi lebih tinggi. Peningkatan pada tenaga yang dihasilkan juga lebih baik daripada mesin diesel dengan sistem konvensional yang terbilang lambat.

  • Injektor

Injektor pada sistem common rail akan memberikan efek kabut saat bahan bakar memasuki ruang pembakar untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Kompresi tinggi yang berlangsung turut memengaruhi performa pada komponen ini. Selain itu, penggunaan injektor jugadapat membantu penyesuaian tenaga hasil pembakaran dengan debit bahan bakar yang dikabutkan.

  • Pompa penyalur

Supply pump atau pompa penyalur adalah komponen common rail yang mempunyai fungsi mengalirkan bahan bakar dari tangki ke pompa bertekanan tinggi (high pressure pump). Cara kerja pompa penyalur pada common rail pun berbeda dengan yang Anda temukan pada sistem konvensional karena memanfaatkan pompa elektrik,sehingga selain cepat komponen ini pun terbilang praktis digunakan.

  • Saringan bahan bakar dan pemisah air

Sesuai namanya, kedua komponen ini berperan dalam menyaring bahan bakar yang akan dialirkan ke pompa bertekanan tinggi. Sekilas, fungsinya memang menyerupai pre-filter, hanya saja saringan bahan bakar memiliki lubang penyaring yang ukuran lubangnya lebih kecil. Desain ini memungkinkan komponen common rail ini menyaring kotoran yang sangat kecil. Sementara, pemisah air memakai prinsip pembeda massa jenis fluida untuk memisahkan bahan bakar dengan air.

  • Pompa bertekanan tinggi

Komponen penting lainnya yang menunjang performa common rail adalah high pressure pump (pompa bertekanan tinggi). Seperti yang disebutkan, pompa tersebut berfungsi menaikkan tekanan bahan bakar agar memiliki tekanan yang tinggi. Jika bahan bakar sudah berada pada level tekanan yang diinginkan, maka bahan bakar akan diinjeksikan ke ruang pembakaran memakai nozzle. Pompa bertekanan tinggi pun bekerja secara berkelanjutan selama mesin dinyalakan.

Itudiakomponen-komponen yang akan mendukung kinerja common rail sebagai sistem kendaraan teranyar. Semoga setelah mengenal komponennya, Anda akan lebih familiar dengan sistem tersebut.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Back to top