Internasional

TERBARU Roket Hantam Kedutaan Besar AS di Zona Hijau Baghdad

Satu serangan roket menyasar dekat Kedutaan Besar AS di Baghdad, Selasa pagi (19/5/2020). Ini merupakan hantaman misil pertama yang mendarat di Zona Keamanan Tinggi dalam beberapa pekan belakangan. Sementara itu, suara ledakan dapat terdengar di seluruh Ibu Kota Irak.

Narasumber keamanan mengonfirmasi, tak ada korban yang dilaporkan. Selain itu, hingga saat ini belum ada klaim tanggung jawab terkait serangan tersebut. Lebih dari dua lusin serangan serupa terjadi sejak Oktober 2019 terhadap AS di Irak.

Mengutip , AS diketahui menyalahkan faksi yang didukung Iran di antara pasukan keamanan Irak. Pada serangan sebelumnya, tembakan misil menewaskan personil bersenjata AS, Inggris dan Irak. Akibatnya hubungan antara Baghdada dan Washington menjadi semakin tegang.

Ketegangan Iran dan AS mencapai titik didih pada Januari 2020. Sebagaimana diketahui AS telah menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani dan Komandan Irak Abu Mahdi Al Muhandis dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad. Secara terpisah, AS dan Irak berharap dapat memulihkan ketegangan setelah Perdana Menteri Mustafa Al Kadhemi mengambil alih kepemimpinan.

AS dan Irak dikabarkan akan membicarakan hubungan bilateral pada Juni 2020 ini. Sebagian yang dibicarakan yakni soal kehadiran pasukan AS, yang dikerahkan ke Irak pada 2014 lalu untuk mengawal koalisi melawan ISIS. Perlu dicatat, pihak Iran dan sekutunya di Irak bersikeras mengusir pasukan AS agar meninggalkan negara itu.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, pasukan AS tidak diizinkan tinggal di Irak atau Suriah, dan (mereka) harus mundur atau diusir. Sekira 7.500 pasukan AS telah ditarik kembali dari wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *